Rabu, 01 Mei 2013

peralatan dan bahan melukis

peralatan melukis cat minyak ~ oil colour on canvas ~
1.Cat minyak.
Cat minyak yang disarankan untuk dipakai adalah cat minyak merk marries ( promosi )wkwkwk karena cat minyak itulah yang mudah untuk di beli di sini contohnya beli di gramed ^^….tapi disarankan untuk warna putih khususnya beli ukuran yang besar, karena warna putih ini selain digunakan untuk melukis juga untuk memperbaiki kesalahan lukisan, selain itu juga berguna untuk membuat warna lebih soft dengan mencampur warna tertentu dengan warna putih ^
2.Kuas
kuas untuk melukis ukurannya bermacam”, biasanya ada nomor urutannya disarankan untuk mencari kuas yang berkualitas baik biasanya ujung sikat kuasnya itu berwarna crem.
3.Tempat untuk menampung dan mengemix  warna cat minyak, pilih palet yang permukaannya licin karena tidak akan menyerap minyak.
4.kanvas adalah salah satu media lukis dengan menggunakan cat minyak, terdapat berbagai ukuran dan ada juga yang berupa kanvas yang masi berupa gulungan, biasanya canvas gulungan harganya lebih murah ^^
Pisau palet ( palette knife )
alat untuk meratakan cat minyak dan membuat efek
pada lukisan. ukuran palette knifenya juga bervariasi ^^
atau tempat untuk meletakkan canvas, jadi dengan ada easel melukis jadi lebih mudah ^^
biasanya terbuat dari kayu, tapi sekarang juga ada yang terbuat dari besi.
5.Pengencer cat minyak atau refined linseed oil jadi sebelum cat minyak dialikasikan di canvas, cat tersebut harus di campur dengan pengencer cat minyak di atas palet ( tergantung kebutuhan ) ^^
6.Thinner
Thinner digunakan untuk membersihkan kuas yang sudah tercampur dengan warna sehingga menjadi bersih kembali, dan gampang bila ingin menggunakan kuas kembali.
7.Tempat Kuas
tempat untuk meletakkan kuas, disarankan untuk menggunakan dua tempat berbeda, yang satu untuk meletakkan kuas yang dipakai dan satu lagi digunakan sebagai wadah untuk membersihkan kuas yang telah dipakai dengan menggunakan thinner.
8.Lap
penggunan lap penting gak penting sie, tapi lap juga penting banget untuk mengeringkan kuas yang sudah dibersihkan dengan thinner.
9.Retouch Varnish
ada dua bentuk yang satu dalam bentuk spray satu lagi bentuknya oil atau sejenis cairan minyak seperti itu, kegunaannya sie sebenarnya untuk finishing touch wkwkwkwk. Kalau yang bentuk spray gitu, itu untuk membersihkan lukisan akibat ada debu atau noda atau sejenisnya karena sudah lama disimpan, dan biasanya kalau varnish yang sering dipakai untuk finishing touch itu yang bentuknya cairan minyak, cukup oleskan secara rata di lukisan minyak yang sudah jadi dan kering tentunya …..
10.Charcoal Pencils
atau sering disebut pensil lukis, harganya lumayan untuk sejenis pensil tapi pensil ini cukup awet dan sangat cocok buat menggambar draft lukisan… tapi sepertinya pensil ini gak ada penghapusnya degh ( uda dicoba .. gak bisa dihapus wakakakakak  XD ), pokoknya keren banget kalau digunakan untuk membuat lukisan hitam putih atau draft di kanvas..
11.The Sketching Stool
bagi yang suka travelling kursi ini cocok untuk melukis outdoor, sayangnya kalau di Indonesia jarang banget ada yang jual.  Kursi ini serba guna, selain untuk duduk, di bagian belakangnya ada tempat menyimpan peralatan melukis, trus gampang di simpan lagi,inilah peralatan melukis yang sering digunakan…met mencoba ya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar